WAHANA TORNADO


Sesuatu bisa bergerak pasti ada sumber penggerak, semisal motor listrik atau motor bakar. Untuk memindahkan gerakan pada suatu bagian tertentu menuju bagian lainnya pasti ada sistem transmisi daya, semisal poros engkol, roda gigi, rantai atau mekanisme lainnya. Selanjutnya agar benda dapat bergerak sesuai dengan ritme yang diinginkan pasti ada mekanisme pengubah dan pengatur gerakan, semisal roda gigi miring, lurus, cacing, dan sebagainya.
Khusus untuk permainan tornado prinsip kerjanya adalah digerakkan oleh sebuah sumber penggerak kemungkinan motor listrik berdaya tertentu. Lalu untuk mengatur putaran kemungkinan menggunakan mekanisme roda gigi, saya kurang paham bentuk roda gigi, karena bentuknya sangat bervariasi, semisal sun and planetary gear, atau bisa saja variasi lainnya. Lalu karena gerakan yang mampu dilakukan Tornado meliputi putaran 360 derajat, miring kanan kiri, gerak sentripetal dan sentrifugal, maka sepertinya terdapat mekanisme lain semisal mekanisme sliding. Lalu jika ada gerakan-gerakan balik cepat, kemungkinan terdapat mekanisme balik cepat, yang merupakan penerapan konsep kinematika dan dinamika. Jika tertarik pada konsep menyusun gerakan dan pengubahan gerak bos nantinya dapat mengacu pada bidang ajar khusus semisal sintesa kinematika. Contoh menarik adalah mekanisme kinematika mesin jahit, gerakan ayunan di bawah kaki diubah menjadi gerakan naik turun jarum jahit di posisi berdekatan dengan tangan penjahit.

Untuk prinsip lain yang menyebabkan rasa kehilangan beban, adalah diakibatkan gaya sentrifugal yang terjadi akibat perputaran wahana tornado. Prinsipnya tornado memberikan percepatan pada pengguna wahana, yang mana mempengaruhi efek tarikan gravitasi.
Tampaknya penjelasan prinsip kerja bisa diarahkan pada banyak hal tergantung pada bagian mana dari tornado yang hendak diamati.
Tambahan, beberapa tahun yang lalu sepertinya beberapa puluh orang pernah meninggal karena kecelakaan di wahana tornado, hanya di berbagai sumber disebutkan beritanya tidak diumbar luas. Wahana pada ketinggian seperti ini harus benar-benar memperhatikan faktor keselamatan. Saya lebih senang naik kora-kora, walaupun serupa saja dengan mekanisme gerak ayunan


Sumber : 
http://physicsongames.blogspot.com/2012/03/fisika-dalam-wahana-tornado_07.html

Leave a Reply