JUNGKAT - JUNGKIT


Apakah kamu tahu permainan jungkat jungkit? Di mana kamu dapat menemukan permainan tersebut?  Sejak berada di Taman Kanak-Kanak kita telah diperkenalkan dengan permainan ini, Tapi tahu kah kamu bahwa pada permainan sederhana ini terdapat beberapa analisis dari segi fisika.

 
Amati gambar dibawah ini. Dua benda, masingmasing bermassa m1 dan m2 diletakkan di atas papan jungkatjungkit (m1 = m2). Lengan gaya untuk gaya berat m1 = l1, sedangkan lengan gaya untuk gaya berat m2 = l2 (l1 = l2). Papan jungkatjungkit tidak bergerak alias berada dalam keadaan seimbang, karena m1 = m2 dan l1 = l2. Arah rotasi itu sengaja di gambar untuk menunjukkan kepada dirimu bahwa jungkatjungkit juga bisa berotasi





Gambar di atas disederhanakan sehingga yang kita tinjau hanya komponen gaya, lengan gaya dan torsi yang bekerja pada benda.


           Sekarang kita tinjau torsi yang bekerja pada papan jungkatjungkit di atas. Jika kita menganggap gaya F1 bisa menyebabkan papan jungkat jungkit bergerak ke bawah, maka arah putaran papan (sebelah kiri) berlawanan dengan arah gerakan jarum jam. Karena arah putaran berlawanan dengan putaran jarum jam, maka Torsi 1 (bagian kiri) bernilai positif. Demikian juga, apabila kita menganggap gaya F2 bisa menyebabkan papan berputar maka arah putaran papan (bagian kanan) searah dengan putaran jarum jam. Karena arah putaran papan searah dengan gerakan jarum jam, maka torsi 2 bernilai negatif. Tanda positif dan negatif ini cuma kesepakatan saja...

            Gaya yang diakibatkan oleh benda bermassa pada papan jungkatjungkit sebenarnya merupakan gaya berat (w).  Sekarang kita tinjau torsi yang bekerja pada bagian kiri :


Arah gaya tegak lurus dari sumbu rotasi, sehingga sudut yang dibentuk 900

Sekarang kita tinjau torsi yang bekerja pada bagian kanan :
Arah gaya tegak lurus dari sumbu rotasi, sehingga sudut yang dibentuk 900

Torsi 1 dan torsi 2 sudah kita kupas tuntas. 



Sumber :
http://physicsongames.blogspot.com/2012/03/jungkat-jungkit.html

Leave a Reply